[REQ_ERR: COULDNT_RESOLVE_HOST] [KTrafficClient] Something is wrong. Enable debug mode to see the reason. Chandra Education Center

 

 

Pengertian dan Kegunaan Test TOEFL (Test Of English as a Foreign Language)

PENGERTIAN TOEFL

TOEFL adalah singkatan dari Test Of English as a Foreign Language (Test Bahasa Inggris sebagai bahasa asing), yang diorganisir oleh sebuah lembaga di Amerika Serikat yang bernama ETS ( Educational Testing Service ). TOEFL ini penting untuk teman-teman yang ingin belajar atau menuntut ilmu untuk bersekolah di luar negeri. TOEFL ini merupakan indikator untuk memastikan teman-teman yang berasal bukan dari negara yang menggunakan bahasa Inggris, agar dapat mengikuti perkuliahan dengan baik di negara yang menggunakan bahasa Inggris. TOEFL ini digunakan untuk memastikan :
• Memastikan bahwa mahasiswa tersebut memahami uraian yang diberikan dosen dalam bahasa Inggris (listening skill).
• Mahasiswa memahami buku-buku textbook yang diwajibkan (reading skill).
• Mahasiswa mampu membuat tulisan ilmiah dengan tatabahasa yang benar (writing & grammar skill).
Untuk dapat diterima di negara-negara Barat, calon mahasiswa harus memiliki standar nilai TOEFL yang sudah ditetapkan oleh masing-masing universitas di negara-negara Barat tersebut. Misalnya TOEFL score minimal untuk negara-negara di Eropa adalah 500 (minimum), TOEFL score untuk di Australia adalah 500 (minimum), sedangkan TOEFL score untuk negara-negara di Amerika adalah disyaratkan 550 (minimum).

PERLUASAN PENGGUNAAN & PERKEMBANGAN TOEFL

Seiring perkembangan zaman, bahkan negara-negara yang bahasa ibunya bukan bahasa Inggris, seperti Jepang, Korea, India, Malaysia, Indonesia, dll mensyaratkan TOEFL Score tertentu bagi calon mahasiswanya, baik yang datang dari dalam negeri, apalagi jika berasal dari luar negeri. Di Indonesia, TOEFL bahkan digunakan juga untuk:
• Persyaratan bagi penerimaan karyawan baru di instansi pemerintah, perusahaan pemerintah dan swasta.
• Syarat penerimaan mahasiswa baru untuk jenjang S2 dan S3.
• Syarat pengajuan beasiswa, baik dari pemerintah maupun swasta.
TOEFL sendiri sudah beberapa kali mengalami penyempurnaan oleh lembaga penyelenggaranya, ETS. Bentuk-bentuk TOEFL Test yang pernah diperkenalkan ke publik yaitu :
1. TOEFL Paper Based Test
Terdiri atas 3 section :
Listening, Structure, and Reading.
Maximum Score : 677.
2. TOEFL Computer Based Test
Terdiri dari 4 Section :
Listening, Structure,Reading, Writing.
Maximum Score : 300.
3. TOEFL Internet Based Test
Terdiri dari 4 section :
Listening, Reading, Writing, Speaking.
Maximum score : 120.

Untuk keperluan pra-seleksi ataupun keperluan intern suatu lembaga, maka ETS sebagai lembaga pengembang dan penyelenggara tes TOEFL juga menyelenggarakan TOEFL ITP (Institutional Testing Programme). Jumlah soal dan tingkat kesulitan TOEFL ITP tidak berbeda dengan Paper Based Test TOEFL maupun Computer Based Test TOEFL, karena memang soal-soal yang digunakan pada TOEFL ITP adalah soal tes TOEFL yang telah pernah digunakan sebelumnya. Perbedaan yang perlu diketahui oleh mereka yang merencanakan mengikuti tes TOEFL adalah bahwa skor yang diperoleh dari TOEFL ITP dalam pengunaannya terbatas.
Perguruan tinggi di Amerika, misalnya, hanya akan menerima skor yang diperoleh dari Paper Based Test TOEFL atau Computer Based Test TOEFL. Selain TOEFL ITP, juga ada TOEFL Prediction yang biasanya digunakan untuk memperkirakan skor TOEFL seseorang “sebelum” yang bersangkutan mengikuti tes TOEFL lainnya (Paper Based Test TOEFL, Computer Based Test TOEFL, TOEFL ITP). Jenis tes TOEFL Prediction ini pada umumnya diselenggarakan oleh lembaga atau pusat bahasa atau tempat-tempat kursus yang menyelenggarakan pelatihan TOEFL.

HUBUNGAN SCORE YANG DIPEROLEH DENGAN TINGKAT PENGUASAAN BAHASA INGGRIS SESEORANG

Umumnya kita mengenal tiga level penguasaan bahasa asing, yaitu Tingkat Dasar (Elementary), Tingkat Menengah (Intermediate), dan Tingkat Mahir (Advanced). Untuk skor TOEFL, para ahli bahasa biasanya mengelompokkan skor ini kedalam empat level berikut:
• Tingkat Dasar (Elementary) : 310 s.d. 420
• Tingkat Menengah Bawah (Low Intermediate) : 420 s.d. 480
• Tingkat Menengah Atas (High Intermediate) : 480 s.d. 520
• Tingkat Mahir (Advanced) : 525 s.d 677

WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN TEST TOEFL

Paper Based Test TOEFL dan Computer Based Test TOEFL hanya bisa ditempuh pada waktu tertentu yang telah terjadwal jauh hari sebelum tes diselenggarakan. Tempat atau testing center dimana kedua tes ini diselenggarakan juga telah ditentukan oleh ETS sebagai pemegang lisensi tes TOEFL. Kedua macam tes TOEFL yang diselenggarakan di testing center tertentu tersebut, biasa juga disebut International TOEFL. Hal ini dimaksudkan untuk membedakan keduanya dengan TOEFL ITP dan TOEFL Prediction.
Sedangkan untuk mengikuti TOEFL ITP, peserta tes harus menghubungi Institusi yang telah ditunjuk oleh IIEF Jakarta sebagai tempat pelaksanaan. Untuk pelaksanaan TOEFL ITP diperlukan peserta minimal 10 orang. UPT Bahasa Universitas Tanjungpura (UNTAN) Pontianak merupakan salah satu institusi yang berhak menyelenggarakan TOEFL ITP.
Jenis tes TOEFL Prediction merupakan jenis tes yang paling fleksibel pelaksanaannya. Di UPT Bahasa Universitas Tanjungpura (UNTAN) Pontianak, tes ini juga merupakan tes yang paling banyak diikuti oleh mereka yang ingin mengukur penguasaan bahasa Inggris untuk berbagai keperluan. Setiap saat peserta tes dapat mengikuti tes ini dengan menghubungi UPT Bahasa Universitas Tanjungpura (UNTAN) Pontianak.

TIPS MENEMPUH ATAU MENGHADAPI TEST TOEFL

1. Membiasakan diri dengan format Test TOEFL.
Persiapkan diri teman-teman sebelum mengikuti Test TOEFL. Siapkan mental dan diri teman-teman. Jika di tempat teman-teman ada lembaga yang menyediakan pelatihan TOEFL, ikutilah. Itu sebagai persiapan awa. Selidiki syarat TOEFL Score yang diminta.
2. Ada beberapa negara yang telah menetapkan standar TOEFL score yang harus dipenuhi oleh calon mahasiswa agar dapat menempuh perkuliahan di negara tersebut.
3. Belajar Bahasa Inggris.
Tingkatkanlah kemampuan bahasa Inggris teman-teman. Ikutilah kursus bahasa Inggris yang ada di lingkungan teman-teman. Karena ada beberapa kategori yang akan diujikan dalam tes TOEFL, yaitu Listening Skills, Reading Skills, Writing and Grammar Skills.
4. Jawablah semua pertanyaan.
Saat tes TOEFL nanti, jawablah semua pertanyaan yang diujikan, jangan biarkan 1 soal pun kosong (tidak dijawab).

KEUNTUNGAN MENGUASAI TOEFL/IELTS

Bagi mahasiswa yang hendak berkuliah diluar negeri, pencapaian IELTS / TOEFL iBT membantu mereka untuk beradaptasi dengan mudah dan mempertinggi sukses.
Perusahaan-perusahaan besar di Indonesia dalam proses perekrutannya, sudah menetapkan standard pencapaian IELTS/TOEFL dengan nilai tertentu bagi para kandidatnya.
Siapapun yang hendak mengejar beasiswa diseluruh dunia, pencapaian IELTS / TOEFL iBT memperbesar peluang mereka untuk sukses.
Ada cukup banyak universitas didunia yang menggratiskan biaya kuliahnya atau memberikan subsidi yang sangat besar bagi setiap mahasiswa internasional, artinya bagi mereka yang gagal dalam mendapatkan beasiswa, ini adalah pilihan lain yang layak untuk dipertimbangkan. Sebagai tambahan, universitas yang dimaksud diatas, menyelenggarakan programnya dalam bahasa inggris, yang artinya membutuhkan IELTS/TOEFL sebagai syarat dalam penerimaan.
MIT (Massachusetts Institute of Technology) adalah satu dari sepuluh universitas terbaik didunia, secara mengejutkan, mereka membuka semua kurikulumnya yang berjumlah 2000 mata kuliah di aneka lintas disiplin ilmu dilevel S1/S2/S3 bagi siapapun yang berminat secara gratis. Artinya, tidak ada lagi siswa-siswi Indonesia yang bisa berkata bahwa mereka tidak mempunyai kesempatan untuk mempelajari aneka ilmu pengetahuan bernilai tinggi hanya karena mereka tidak mampu secara financial. Dan penguasaan IELTS/TOEFL di skala tinggi membantu mereka untuk bisa mempelajari hal hal tersebut.
IELTS 7.0 adalah satu pencapaian standar bahasa inggris yang sangat dihormati didunia internasional, baik bagi kalangan akademik maupun professional. Beberapa orang mungkin meng-claim dirinya terampil dalam berbahasa inggris karena menganggap sudah menyelesaikan kursus bahasa inggris lokal di tingkatnya yang tertinggi, hanya saja pada saat kita sedang berusaha memasuki dunia internasional, mereka umumnya hanya berpijak pada sertifikat ujian internasional resmi, bukan sekedar ijasah ijasah kursus yang bersifat lokal.
IELTS 7.0/TOEFL iBT 100 sebetulnya adalah standar bahasa inggris minimum yang umumnya dipakai oleh universitas bergengsi didunia dalam menerima mahasiswa S2 Dan S3. Hanya saja, dengan pengalaman yang kami miliki, kami mampu membantu anak anak selevel SMU sampai pada level tersebut, bahkan melampaui angka diatas.
Di negara-negara yang populer dengan peluang imigrasinya bagi para professional Indonesia untuk bisa menetap disana, seperti Australia, Canada, NZ dll, ribuan orang orang berbakat, berpengalaman, cerdas, tajam dan pintar, gagal mencapai IELTS 7.0 seperti yang disyaratkan. Dan lucunya banyak dari antara mereka yang sebetulnya juga lulusan sekolah luar negeri.
Dipasaran tenaga kerja dunia, tenaga kerja Indonesia kadang dibayar sampai dengan 90% lebih rendah dari mereka yang berasal dari negara negara yang menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa ibu mereka, Dan bukan karena kemampuan kerja mereka yang lebih jelek atau sikap yang lebih negative. Beberapa orang yang memandang rendah pencapaian IELTS 7.0/TOEFL iBT 100, dan terburu buru berangkat keluar negeri untuk bekerja, seringkali mendapati dirinya membutuhkan waktu jauh lebih lama untuk menemukan pekerjaan, bergaji jauh lebih rendah dan cenderung mengerjakan pekerjaan pekerjaan yang sifatnya fisik.
Singapura membuka peluang bagi lulusan S1 indonesia untuk bisa bekerja & menetap disana. Mereka yang sukses dalam menemukan pekerjaan biasanya adalah mereka yang tidak memiliki hambatan besar di bahasa di level akademik. Banyak orang tidak menyadari, seringkali dibutuhkan waktu sampai dengan 6 tahun untuk mencapai IELTS / TOEFL iBT

KEGUNAAN TOEFL (Test of English as a Foreign Language)

TOEFL adalah tes Bahasa Inggris yang ditujukan untuk; mengukur kemampuan berbahasa Inggris seseorang untuk belajar & bekerja di luar negeri; menunjukkan kesiapan akademik seseorang; juta dirancang untuk menjadi standard yang obyektif dan tidak memihak sehingga siswa dapat membandingkan kemampuannya dengan adil.
TOEFL dibagi ke dalam tiga metoda :
1. pBt (Paper Base)
2. cBt (Computer Base)
3. iBt (Internet Base )
Tes TOEFL adalah merek dagang terdaftar dari Educational Testing Service (ETS) dan diberikan di seluruh dunia. Tes ini pertama kali diberikan pada tahun 1964 dan sejak itu telah diambil oleh lebih dari 23 juta siswa.
Tes ini awalnya dikembangkan di Pusat Linguistik Terapan dipimpin oleh ahli bahasa, Dr Charles A. Ferguson. Berbasis di Washington, DC, Pusat Linguistik Terapan (CAL) adalah sebuah organisasi nirlaba yang berkomitmen untuk meneliti hubungan antara bahasa dan budaya. Didirikan pada tahun 1959, direktur pertama adalah Charles A. Ferguson yang pernah diberikan program serupa di Timur Tengah di tahun 1921-1998 dan mengajar sebagai profesor di Universitas Harvard. Ferguson dipandu untuk mengembangkan solusi praktis untuk penerapan bahasa dan keprihatinan keaksaraan pemerintah internasional dan nasional.
Proyek awal Ferguson adalah untuk mengembangkan tes yang akan mengukur kemampuan berbahasa dimana bahasa Inggris merupakan bahasa kedua kepada mahasiswa dan pegawai pemerintah. Ferguson dan peneliti linguistik mengembangkan tes TOEFL selama lima tahun pertama.
Sejak akhir 1960-an, tes TOEFL telah dikelola oleh Educational Testing Service (ETS), sebuah lembaga standar pengujian internasional. Antara tahun 1964-2008, sebanyak 24 juta orang yang sebagian besar siswa internasional telah mengambil tes TOEFL.
Karena semakin sering kampus-kampus internasional menggunakan iBt maka kali ini yang dibahas yang iBt saja dulu. TOEFL berbasis internet (iBT) uji terdiri dari 4 bagian:
Ø Listening
Ø Reading
Ø Speaking
Ø Writing
Keempat bagian akan diujikan pada hari yang sama. Ujian diselesaikan dalam tempo waktu kurang lebih sekitar 4 jam.
Yang baru di iBt adalah peserta akan dimina untuk menggabungkan, atau mengintegrasikan lebih dari 1 keterampilan berbahasa yaitu:
• membaca sebuah artikel.
• mendengarkan ceramah singkat tentang topik artikel yang kita baca.
• berbicara atau menulis tanggapan terhadap apa yang kita baca dan dengarkan.
Hal ini dianggap sama apabila kita nantinya kuliah keluar negeri yaitu,
Membaca buku teori
Mendengarkan dosen menjelaskan mata kuliah
Menyampakan opini kita dan menuangkannya ke dalam tulisan demi tulisan.

REGISTRASI TOEFL

Saat ini sudah banyak lembaga pendidikan yang meimiliki otorisasi dari ETS (Lembaga di Amerika Serikat yang berwenang untuk pengaturan TOEFL, IELTS GRE dll). TS sendiri adalah salah satu contributor untuk sebuah lembaga pendidikan internasional yang telah puluhan tahun bergerak di bidang TOEFL, IELTS, GRE, GMAT PREPARATION dan Learning Overseas Consultant. So kalau mau Tanya lebih dalam lagi bisa PM TS, let’s discus more detail if necessary.
Mendaftar untuk tes TOEFL
Ketika Anda mendaftar untuk tes ini, sebaiknya kita melihat dulu berapa standard minimum TOEFL yang diminta kampus. Sehingga ini dapat membuat anda fokus mendapatkan goal yang komprehensif dalam mengikuti tes TOEFL.
Ø Lakukan persiapan sebelum mengambil tes TOEFL
Ø Silahkan anda melihat hasil TOEFL secara online 15 hari setelah Anda mengikuti tes.
Ø Laporan nilai Anda memberitahu tentang bagaimana meningkatkan keterampilan Anda.
Ø ETS juga akan mengirimkan laporan tertulis hasil skor anda.

KEGUNAAN DAN MANFAAT SERTIFIKAT TEST dan NILAI TOEFL

KEGUNAAN DAN MANFAAT SERTIFIKAT TEST dan NILAI TOEFL - Sejak ditemukan pada tahun 1963 TOEFL (Test of English as a Foreign Language) menjadi sebuat standarisasi bahasa internasional yang digunakan dibanyak instansi dan cakupannya juga telah mendunia bukan hanya berlaku untuk negara-negara maju namun juga berlaku untuk negara berkembang seperti Indonesia.
Toefl pertama sekali diciptakan dan dikembangkan oleh ETS (Educational Testing Service) di New Jersey yang dulu hanya digunakan oleh masyarakat setempat untuk mengukur kemampuan berbahasa inggris seseorang khususnya untuk melanjutkan pendidikan (akademis) kejenjang yang lebih tinggi, namun siapa yang menyangka sekarang hampir diseluruh penjuru bumi menggunakan Toefl sebagai standart bahasa inggris internasional.

KEGUNAAN DAN MANFAAT SERTIFIKAT TEST dan NILAI TOEFL

Menurut Indonesian International Education Foundation (IIEF) manfaat Toefl adalah di antaranya:
1.Digunakan untuk pendaftaran program short course dan non-degree program di negara-negara berbahasa Inggris.
2.Digunakan untuk pendaftaran ke program sarjana (S1) dan master di negara-negara yang tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa ibu.
3.Digunakan untuk pendaftaran dan penempatan dalam program kolaborasi internasional yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarnya.
4.Untuk mendaftar program beasiswa ke berbagai negara – sebagai seleksi awal.
5.Untuk tes masuk program berbahasa Inggris yang membutuhkan bukti kemampuan bahasa Inggris akademik di level sarjana (S1) atau diploma.
6.Untuk memonitor perkembangan kemampuan bahasa Inggris khususnya yang memerlukan kecakapan/keahlian dalam bahasa Inggris akademik.
Sumber lain menyebutkan manfaat dari toefl adalah :
1. Untuk menyiasati beasiswa LPDP. Kalau universitas tempat kita akan belajar di luar negeri meminta skor bahasa inggris yang lebih rendah (misalnya IELTS 6, atau malah 5.5) tetap saja LPDP akan meminta skor TOEFL sebesar 550. Nah, TOEFL ITP ini bisa dipakai.
2. TOEFL biasa digunakan sebagai pra syarat (admission requirements) untuk mendaftar ke Sekolah Menengah Atas dan Universitas di dalam dan di luar negeri, juga untuk syarat memperoleh beasiswa.
3. TOEFL bagi para pelamar kerja maupun untuk kenaikan jabatan atau promosi.
4. Persyaratan untuk nilai Toefl tes CPNS untuk lembaga kementerian pusat.
Jadi Toefl itu sangat banyak manfaatnya, alangkah beruntungnya anda jika memiliki kecakapan berbahasa inggris (khususnya toefl) yang maksimal.
Semoga tulisan kali ini tentang KEGUNAAN DAN MANFAAT TES dan NILAI TOEFL dapat menginpirasi dan bermanfaat buat anda, baca tulisan kami lainnya KUMPULAN SOAL TOEFL TERBARU

INFO TOEFL >>>>>> Jangan buang waktu Anda begitu saja belajar Bahasa Inggris dan Toefl secara Otodidak (sendiri) apalagi dengan media yang sangat terbatas karena survey membuktikan kemungkinan berhasil sangat kecil. Saat ini ada sebuah teknik belajar bahasa inggris dan toefl terbaik yang disebut dengan metode Mind Map dengan metode ini yang sudah dilengkapai dengan video tutorial Anda bisa lebih cepat dalam penguasaan Bahasa Inggris dan juga Toefl.

Suyirno, SS

Director of CEC
Read more

Contact us today

Call Us on: (0719)23132, HP.08127850295

Email Us

Visit Us

Opening Hours @ CEC Office
Jl. Diponegoro 24 Tg.Pandan Rt.23/09 Pangkallalang Tg.Pandan. 33412. Belitung. Prop. Babel.

Monday–Friday: 9am–9pm
Sunday and PH: Closed

Waktu Pendaftaran

November Minggu I s.d Minggu II
Februari Minggu I s.d Minggu II
Mei Minggu I s.d Minggu II
Agustus Minggu I s.d Minggu II


Visitors



Flag Counter


Let's chat with us